Rabu, 27 Maret 2013

Esthon-Paul Bertemu Frenly Diputaran Kedua Pilgub NTT

foto: zacky
Suasana di ruas jalan depan Kantor KPU NTT saat rapat pleno. (foto-foto: zacky) 

Paket pasangan Esthon L Foenay-Paul E Tallo (Esthon-Paul) akan bersaing dengan pasangan Frans Lebu Raya-Benny Litelnoni (Frenly) pada putaran kedua Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT). Pilgub NTT periode 2013-2018 dipastikan berlangsung dua putaran setelah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan Pasangan Calon Terpilih dalam Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur NTT tahun 2013, pada Rabu (27/3) malam, di Kantor KPU NTT di Kupang.

Rapat Pleno yang dipimpin Ketua KPU NTT, Johanes Depa, menetapkan Pilgub NTT berlangsung dua putaran karena tidak ada pasangan calon yang memperoleh suara sampai 30%. Dari total suara sah 2.270.094, pasangan Frans Lebu Raya-Benny Litelnoni (Frenly) meraih 681.273 suara atau 29,80%. Sedangkan urutan kedua adalah pasangan Esthon L Foenay-Paul E Tallo (Esthon-Paul) mendapatkan 515.836 suara atau 22,56%.

Untuk urutan ketiga diperoleh pasangan Ibrahim Agustinus Medah-Melkiades Laka Lena (Tunas) dengan 514.173 suara atau 22,49%, posisi empat didapat pasangan independen Christian Rotok-Abraham Paul Liyanto (Cristal) yang meraup 332.569 suara atau 14,55%. Pasangan Benny Kabur Harman-Willem Nope (BKH-Nope) berada pada posisi terakhir dengan 242.610 suara atau 10,61%.

John Depa mengatakan, sesuai dengan agenda KPU NTT, putaran kedua Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur NTT akan dilaksanakan pada 15 Mei 2013.

Pertemuan Frans Lebu Raya dengan Esthon Foenay pada putaran kedua Pilgub NTT ini cukup menarik, karena keduanya adalah pasangan yang saat ini sedang memimpin NTT. Frans Lebu Raya menjabat Gubernur dan Esthon Foenay sebagai Wakil Gubernur.

Pada putaran pertama yang lalu, Frans Lebu Raya yang berpasangan dengan Benny Litelnoni diusung oleh koalisi lima partai, yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partaik Keadilan Sejahtera, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Persatuan Pembangunan. Sementara pasangan Esthon-Paul didukung Partai Gerakan Indonesia Raya dan Partai Damai Sejahtera.


Proses rapat pleno yang berlangsung sejak pagi mendapat perhatian langsung dari masyarakat Kota Kupang. Mereka mengikuti dari di depan Kantor KPU NTT. Pihak kepolisian yang mengawal ketat jalannya rapat pleno menutup ruas jalan tersebut agar warga dapat lebih leluasa mengikuti rekapitulasi penghitungan suara. Secara keseluruhan, jalannya rapat pleno ini berlangsung dengan aman dan lancar. (zacky)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar